Beranda > Berita Utama > Detail Berita

Detail Berita

WORKSHOP PELATIHAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI KINEMASTER

Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Workshop bertajuk Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran berbasis Aplikasi Kinemaster yang ditujukan untuk para pendidik di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Penyelenggaraan workshop dan pelatihan ini tidak lain bertujuan untuk merefresh kembali wawasan tentang teknologi bagi para tenaga Pendidik terkait pemanfaatan aplikasi digital yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran agar proses belajar peserta didik terasa lebih interaktif dan atraktif.

Terlebih, dengan model pembelajaran daring yang sampai saat ini masih terus digalakan sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar, Madrasah dalam hal ini memfasilitasi para tenaga pendidik untuk mengikuti acara sekaligus menjadikan acara ini sebagai satu wadah yang memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik untuk mengeksplore kreativitasnya dalam membuat video-video pembelajaran yg kreatif, inovatif dan tentunya interaktif. Harapannya, dengan video interaktif, peserta didik akan mendapat warna baru dalam proses belajarnya.

Ust H. Aly Aulia, Lc. M. Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sengaja dirancang khusus untuk memberikan pengalaman kepada para ustadz atau guru dalam proses pembuatan video pembelajaran secara mandiri, mulai dari proses perekaman hingga proses editing, bisa dilakukan sendiri kapan saja dan dimana saja.

“Program ini merupakan program lanjutan setelah sebelumnya asatidz melakukan syuting video pembelajaran dengan dibantu operator-operator di masing masing studio. Kali ini, kita akan bersama-sama mencoba untuk membuat video secara mandiri, dimulai dari proses perekaman hingga editing, cukup hanya melalui HP para ustadz sekalian” tegas ust Aly Aulia, Lc., M. Hum dalam sambutannya.

Acara Workshop yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini menghadirkan pemateri yang merupakan seorang Instruktur Internasional dalam pembuatan video melalui aplikasi Kinemaster, yaitu bapak Hendrawan Setiawan, dengan dibantu tim.

Dalam kesempatan yang sama, Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 sampai 12.00 ini juga memberikan kesempatan kepada para guru untuk praktek langsung pembuatan video pembelajaran, mulai dari perekaman hingga editing. Perangkat seperti Greenscreen, Tripod, Lighting, dan perangkat pendukung lainnya pun turut disiapkan dan dikenalkan agar guru dapat praktek langsung dalam proses perekamannya.

Instruktur dalam acara ini, Hendra Setiawan, lebih menekankan pada pemanfaatan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Kinemaster. Beliau bersama tim pun turut memandu dan mendampingi secara langsung jalannya proses perekaman, hingga proses editing selesai.

“Saat ini, membuat video interaktif sudah bukan lagi hal yg sulit untuk dibuat. Bahkan hanya dengan menggunakan hp saja, para guru dapat membuat sebuah video yang profesional”, ucap Hendrawan Setiawan.

Hasil karya dari Workshop dan Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi koleksi video pembelajaran yang sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh guru. Sekaligus, nantinya para guru diwajibkan untuk membuat video video lain yang akan dan bisa digunakan dalam proses belajar mengajar secara daring, tentu dengan memanfaatkan ilmu yang didapat selama mengikuti workshop ini.

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru