Beranda > Berita Utama > Detail Berita

Detail Berita

Sri Mulyani: Negara Berhutang Budi kepada Mu’allimin

102 Tahun Mu’allimin Berkontribusi untuk Negeri
Sri Mulyani: Negara Berhutang Budi kepada Mu’allimin

Memasuki usianya yang ke-102, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta semakin meneguhkan dirinya sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang secara nyata memiliki kontribusi yang sangat besar dalam dinamika kehidupan bangsa dan negara. Lebih dari itu, Mu’allimin khususnya, dan persyarikatan Muhammadiyah pada umumnya, telah mampu memposisikan dirinya sebagai partner penting bagi negara dan berkontribusi besar dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani SE MSc PhD dalam acara Resepsi Milad Mu’allimin ke-102 di Masjid Hajah Yuliana Kampus Terpadu Mu’allimin, Selasa (8/12). Acara virtual via Zoom yang juga disiarkan secara live streaming YouTube dan MuinTV itu, juga diliput oleh berbagai awak media cetak dan beberapa TV swasta nasional.

“Pada masa agresi militer, Mu’allimin pernah digunakan sebagai gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Oleh karena itu, secara khusus saya mengucapkan terima kasih atas peran penting yang telah diberikan oleh Mu’allimin kepada negara,” ungkap wanita kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Menurutnya, tampilnya para tokoh dan alumni Mu’allimin serta pimpinan Muhammadiyah dalam dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara, telah meneguhkan madrasah ini menjadi salah satu pilar penjaga dan pelopor republik ini dalam upaya menciptakan kehidupan bangsa yang baldatun tayyibatun wa rabbun ghafur.

Terkait dengan aspek pendidikan di masa pandemi saat ini, Sri Mulyani berharap, agar segenap civitas akademika Mu’allimin terus bekerja keras agar mampu memberikan stimulan berpikir kepada siswa dalam rangka memperbaiki kualitas pendidikan meskipun pada masa pandemi saat ini. Mutu pendidikan itu sangat penting untuk terus ditingkatkan agar dapat menghasilkan SDM yang berkualitas yang mampu menjawab berbagai tantangan zaman.

“Selamat kepada Muhammadiyah, selamat kepada Mu’allimin, atas kontribusi dan upayanya dalam membangun kualitas SDM, sehingga Indonesia mampu menghadapi tantangan masa depan. Selamat Milad yang ke-102, semoga Mu’allimin semakin berkontribusi untuk membangun Indonesia,” ungkap Sri Mulyani di akhir testimoninya yang disampaikannya dalam durasi waktu lebih dari 30 menit itu.
(HN)

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru